Kamis, 14 Januari 2016

Tawakal Yang Utuh


Tawakal  Yang Utuh
            “Setelah selesai satu fase, maka kita akan berhadapan dengan fase berikutnya. Di setiap fase kita pasti akan menemukan masalah dan tantangan yang berbeda, akan menemukan kekhawatiran demi kekhwatiran atas sebuah ketidakpastian. Tugas kita adalah berusaha menjadi yang tertangguh dalam menghadapi setiap  tantangan dan masalah yang menyapa.”

            Kadang kita berfikir bahwa seseorang sangat bahagia karena telah mendapatkan target yang dia inginkan. Lalu, kita menyimpulkan bahwa pekerjaan dia telah selesai bersebab keberhasilannya mencapai hasil dari pertualangan yang dia tempuh atau karena ia telah mampu menemukan jawaban dari kekhatiran yang selama ini mencekamnya. Tapi kita sering lupa bahwa sebenarnya selesainya sebuah pekerjaan adalah gerbang untuk memasuki pekerjaan berikutnya. Berhasilnya melewati sebuah tantangan adalah sebuah bekal untuk menghadapi tantangan berikutnya.
            Memang, segala yang ada dalam kehidupan ini adalah misteri yang tidak seorang pun mengetahui kecuali Allah Swt. Ia Pengnggam Segala Rahasia. Apa yang terjadi besok? Apa yang terjadi dengan satu jam yang akan datang? Bahkan apa yang terjadi sedetik yang akan datang tetap tidak mampu untuk kita mengetahuinya. Kita hanya mampu menerka lalu menata usaha baik kita dan berharap bertemu dengan kehendak-Nya. Lalu ia menjadi harmonis dan berbuah kebaikan. Sebab kebahagian ataupun kesuksesan adalah pertemuan harmonis antara usaha keras kita dengan kehedak-Nya.
            Tentang misteri masa depan yang tidak mampu kita ketahui sering sekali mengundang kekhawatiran besar dalam batin kita. Hingga terkadang muncul ketakutan demi ketakutan yang meresahkan. Entah itu jenis pekerjaan kita di masa depan, jodoh, rezeki dan lain sebagainya. Adalah manusiawi jika sesekali kekhawatiran muncul dalam benak kita. Tapi kekhwatiran dalam porsi besar tetap tidak dibenarkan karena itu bukanlah ciri-ciri orang-orang Islam. Karena islam memiliki konsep sempurna untuk mengusir kekhawatiran yaitu tawakal.
Suatu ketika  Sang Ustazah memberikan sebuah tausiyah yang membuat saya tersadar akan penyebab kegelisahan. Ini kisah nyata tentang pengalaman beliau saat melewati masa-masa sulit di Rumah Sakit. Masa sulit saat menatap bayinya yang baru berusia beberapa bulan harus dioperasi beberapa kali. Masa-masa sulit bagi hati beliau saat menatap buah hatinya tergeletak lemas diruang ICU. Masa-masa sulit  yang mengundang setumpuk kegelisahan dalam benaknya tentang kondisi kesehatan anaknya. Akankah ia selamat? Akankah ia sehat kembali? Dan sederatan bisikan kegelisahan lainnya. Momen itu adalah momen yang menguji tingkat tawakalnya beliau kepada Allah.
Hingga Sang Ustazah terus menguatkan diri dengan sebuah nasehat Allah bahwa “anak adalah titipan Allah, anak adalah titipan Allah, anak adalah titipan Allah, dan Allah berhak mengambilnya kapan saja”. Pesan yang mendorong beliau untuk bertawakal sepenuhnya kepada Allah. Tawakal yang diiringi dengan usaha dan doa yang sungguh-sungguh. Hingga pertolongan Allah akhirnya datang kepadanya, anak Ustazah tersebut sembuh.
            Di waktu yang lain, seorang Ustaz bercerita tentang muridnya yang kehabisan bekal saat melakukan perjalan ke luar negeri. Dalam keadaan kantong kering ia ingin sekali membeli jeruk untuk dikonsumsikan. Lalu, ia shalat hajat disebuah Mesjid dan berdoa agar Allah mewujudkan keinginnya membeli jeruk. Singkat cerita, tibalah seseorang yang secara tidak sengaja berjumpa dengannya dan secara kebetulan juga berasal dari daerah yang sama dengan Sang Murid tersebut. Percakapan panjangpun berlangsung. Hingga kemudian seseorang tersebut memberikan hadiah jeruk dan sejumlah uang yang cukup bagi Sang Murid untuk melakukan perjalanan pulang ke daerahnya.

            Ketika tiba di Aceh Sang Ustaz bertanya kepada muridnya
            “Pengalaman apa yang paling berkesan bagi kamu dalam perjalanmu”?
            “Aku menemukan hikmah yang untuk kesekian kalinya membuatku sadar bahwa Allah akan mencukupkan kebutuhan orang-orang yang bertawakal. ”
Ya. Tawakal. Itulah konsep islam yang dianjurkan dalam menghadapi misteri hidup ini. Tawakal bukan berarti pasrah, bukan berarti menyerah, apalagi berarti putus asa. Bukan. Tawakal adalah kesadaran bahwa setiap yang kita punya adalah titipan miliki-Nya. Maka Allah berhak untuk memberi, menjaga dan mengambil kembali. Juga kesadaran akan keberadaan Allah yang akan selalu menyelesaikan setiap urusan kita dengan baik. Kesadaran yang diikuti dengan terus berusaha dan berdoa meminta pertolongan-Nya. Hingga hati kita pun jauh dari kekhawatiran. Dan jika sesekali kekhawatiran itu hadir, kita pun paham cara mengusirnya yaitu dengan tawakal. Ya, sebab ketika tawakal telah utuh dan penuh kepada-Nya, maka semestinya tidak ada lagi ruang dalam hati untuk kekhawatiran dan kegelisahan bergemuruh.
“Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya". [Ath-Thalaq : 3]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar