Minggu, 18 Desember 2011

Berubah...!!

Berubah……..!!

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18)

Suatu ketika saya mengikuti daurah pemuda yang dilaksanakan oleh DPD PKS Nagan Raya,tepatnya pada hari ahad tanggal 14 agustus 2011. Dairah ini bertujuan untuk member semacam motivasi kepada pemuda-pemuda untuk menjadi pemuda yang kreatif, pemuda yang menciptakan perubahan ke arah lebih baik. Pesertanya lumanyan banyak, kira-kira 50 orang.
Materi pertama di sampaikan oleh ustazah muslimah istrinya ustaz jalal. Judul materinya adalah “Asy-Syabab” yaitu Pemuda. Ada sebuah ungkapan yang sangat menyentuh hati saya yang di sampaikan oleh ustazah muslimah di akhir materi tsb. Ungkapan tersebut  kurang lebih bunyinya seperti ini :

suatu ketika saya melihat ukiran tulisan di sebuah batu nisan. Tulisan ini menceritakan tentang cita-cita seorang penghuni kubur tersebut ketika masa hidupnya. Bunyi tulisannya adalah:
            “suatu hari aku bercita-cita untuk merubah dunia, tapi aku gagal merubahnya.
            Kemudian aku bercita-cita ingin merubah negeriku,tapi aku gagal menciptakannya,
Kemudian aku kembali bercita-cita mengubah desaku dan masyarakat di sekitarku, tapi aku kembali gagal menciptakannya.  Dan akhirnya aku bercita-cita untuk merubah keluargaku ,tapi aku juga gagal menciptakannya. Akhirnya aku sadar, semua kegagalan itu terjadi karena aku tidak merubah diriku sendiri.”
                                                            ***
Kata Rasulullah “ibda’ bi nafsih” start from yourself. “mulailah dari sendiri”. Dan AA Gym juga mengatakan . Mulailah dengan 3 M:
1.      Mulai dari hal kecil
2.      Mulai dari diri sendiri
3.      Mulai dari sekarang
 Merubah diri sendiri adalah modal awal untuk merubah hal-hal lain. Visi untuk merubah masyarakat sekitar, orang-orang yang ada disekitar kita akan gagal tanpa adanya modal perubahan dari diri sendiri.  
Pernah nonton power ringers?ketika mereka ingin melawan musuh demi menyelamatkan negerinya dari kejahatan para moster,apa yang mereka lakukan terlebih dahulu sebelum melawan moster itu?
Berubah…!ya, jawaban yang tepat. Mereka merubah diri mereka terlebih dahulu. Jadi, mustahil kita dapat menciptakan perubahan jika tidak bermula dari kita sendiri.
Jangan salahkan bangsa ketika tidak ada perubahan padanya, jangan salahkan masyarakat ketika tidak ada perubahan padanya , dan jangan salahkan keluaraga ketika tidak ada perubahan padanya. Tapi, salahkan diri kita sendiri. Lihatlah lebih  dalam lagi ke dalam jiwa kita.  Mungkin, ada sebongkah keengganan dalam diri untuk melakukan perubahan. Mungkin, masih ada sekumpulan rasa keegoisan untuk berhijrah ke arah perbaiakan. 

Belajarlah pada alam…
Lihatlah tanda-tanda ciptaan Allah
Pohon terus melakukan fotosintesis untuk dapat tumbuh menjadi lebih besar, dengan mengambil kekuatan pada sinaran mentari.., akar yang terus menelusuri permukaan bumi mencari air.. inilah langkah menuju perubahan yang dilakukan tumbuh-tumbuhan agar dapat tumbuh menjadi pohon yang besar. Agar dapat memberi manfaat yang besar bagi makhluk lainnya. Tidakkah kita sebagai manusia yang diberikan akal malu jika tak melakukan perubahan? Jika tak dapat memberi manfaat bagi manusia lainnya?
tidakkah kita malu?


Berubahlah….
Sebagai bukti kita cinta diri sendiri..
Sebagai bukti kita cinta bangsa ini..
Jika kita telah meyerah dengan kelemahan yang dimiliki..
Lantas, siapa lagi yang akan membela diri kita jika bukan kita sendiri?
Jika kita tdk berperang melawan keburukan sifat yang dimilki..
Lantas, siapa lagi yang akan memeranginya?
Allah sendiri tidak akan memberi pedang untuk kita, jika kita sendiri enggan meminta pedang pada-NYA..jika kita sendiri enggan menerima pedang dari-NYA



Berubahlah…
Agar hidup lebih hidup..
Agar hidup tak sekedar hidup..




Note: penulis tidak menutup hati untuk menerima kritikan dan, saran yang membangun. penulis hanya sedang melatih diri untuk terus menulis semampunya. jika ada hal yang salah dalam tulisan silahkan ditegur. karena kebenaran itu harus ditegakkan. katakan yanag benar walaupun pahit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar