Selasa, 18 Oktober 2011

Surat cinta imam Al-ghazali

oleh Majidah Nur pada 07 Mei 2011 jam 18:49
Ini adlah salah stu bunyi surat cinta imam al ghazali kpd murid'a..


Slhkan di baca,di resapi dan di amalkan...
Mga b'manfaat tk ana dan tk kta smwa..^^

Anakku tercinta...
Berapa banyak malam yang engkau lewati dengan menelaah ilmu pengetahuan,membaca buku atau berdiskusi,dan kamu selalu berusaha terjaga? Aku tidak tahu apa yang memotivasimu untuk bangkit. Jika motivasi yang ada dalam dirimu hanya untuk mencari kemegahan duniawi,mengejar pangkat dan kedudukan,dan hanya ingin mencari popularitas,alangkah malang nasibmu!

Tetapi,jika motivasimu itu ingin menghidupkan syari'at dan misi Rasulullah Saw serta mengalahkan dorongan nafsu yang terus membawa manusia pada kejahatan, berbahagialah!

Sungguh benar yang dikatakan syair berikut ini:
"meski kantuk menyiksa mata hingga buta..
Percuma,bila bukan untuk mencari ridha-Nya..
Meski menangis tersedu-sedu itu hanya laku batil karena mencari selain Mu"

Anakku tercinta...
Hiduplah sesukamu,tapi ingat,kelak kamu akan mati.Cintailah siapa saja yang kamu suka,tetapi ingat,kamu akan berpisah dengannya. Berbuatlah sesukamu,tetapi ingat,kamu akan memperoleh balasan setimpal dengan perbuatanmu itu!

Anakku tercinta..
Apa yang telah kamu capai dalam mempelajari ilmu kalam,khilafah,kedokteran,farmasi,sastra,nahwu,dan sharaf ? Itu hanya akan sia-sia jika kamu tidak memanfaatkannya.Dalam kitab injil di nyatakan:
"sesaat setelah mayat di letakkan di atas keranda sampai di bawa keliang kubur, Allah mengajukan empat puluh pertanyaan kepadanya.Di antaranya adalah:
"wahai hamba-Ku,kamu telah menyucikan pandangan ke arah makhluk selama bertahun-tahun.Dan kamu tidak menyucikan tempat pemandangan-Ku sekali waktu dalam setiap hari.Maka,pandanglah hatimu sendiri setiap hari."
"wahai hamba-Ku,apa yang kamu perbuat terhadap selain-Ku,sedangkan dirimu berada dalam kebaikan-Ku.adakah kamu tuli,tidak mendengar?

Anakku tercinta...
Ilmu tanpa dibarengi amal adalah gila,dan amal tanpa dibarengi ilmu akan sia-sia. Ketahuilah anakku,ilmu pengetahuan tidak akan menjauhkan dirimu dari kemaksiatan di dunia ini.pun,tidak akan membawamu kepada jalan keta'atan kepada Allah Swt.pun tidak akan memeliharamu dari amarah neraka jahannam,jika semua ilmuwan itu tidak kamu amalkan. Jika di dunia kamu telah lalai tentang soal ini, kelak kamu akan menyesal,sembari berkata:
"wahai Tuhan yang memeliharaku,kembalikanlah aku ke dunia agar disana aku dapat beramal saleh. Kelak aku akan menebus dosa-dosaku di masa lalu."
tapi sayang,permohonan itu hanya angin lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar